Apa Yang Disampaikan Oleh 2 Film Christopher Nolan Terbaik Ini?

Film Christopher Nolan

Dari sekian banyak judul film karya Christopher Nolan, ada 2 judul yang mengeksploitasi “waktu” sebagai tema utamanya. Film Christopher Nolan manakah itu?

Christopher Nolan ialah film director berkebangsaan Inggris, yang memulai debut penyutradaraan pada judul Following (1998). Sebuah film indie bergenre neo-noir yang dengan terang-terangan mengangkat gelapnya hidup di jalanan Kota London, pada saat itu.

Film tersebut cukup banyak mendapat perhatian dari khalayak ramai, dan juga disambut baik oleh para kritikus, bahkan memenangkan sebuah nominasi di Rotterdam International Film Festival (2013) dan San Francisco International Film Festival (2013).

Tentu artikel ini kami buat, dalam rangka menyambut satu lagi film karya Christopher Nolan terbaru, yang akan dirilis pada tahun 2023 nanti, yang berjudul Oppenheimer!

Tapi, sebelum kita menyaksikan film tersebut, ada baiknya kita mempersiapkan diri dengan melirik kembali film Christopher Nolan lainnya. Kira-kira mana film terbaiknya?


Film Christopher Nolan Terbaik Yang Ungkap Misteri Waktu

1. Memento (2000)

  • Durasi: 113 menit
  • Genre: Neo-Noir Mystery
  • IMDB Rating: 8.4/10
  • Rotten Tomatoes: 93/100

Memento (2000) mengisahkan tentang lika-liku seorang investigator asuransi yang mengalami ilang hingatan singkat, bernama Leonard Shelby (Guy Pearce) dalam memecahkan misteri dan mencoba membalaskan dendam atas kematian isterinya.

Hilang ingatan singkat (Short Term Memory Lost) yang diderita oleh Leonard, membuatnya hanya mampu mengingat kejadian di 15 menit kedepan.

Meski premisnya terdengar berat, tetapi film karya Christopher Nolan yang satu ini lebih kompleks dalam proses penceritaannya, dibandingkan dengan premisnya itu sendiri.

1.1. Trivia – Memento (2000)

Karena dalam film ini, Nolan menceritakan kisahnya dalam struktur non-linear (tidak searah). Dalam artian, terdapat dua alur cerita, baik itu alur maju, maupun mundur.

Meski teknik tersebut umum digunakan dalam banyak film lain (umumnya dalam bentuk flashback), tetapi lain hal dengan Christopher Nolan movie.

Dirinya menerapkan struktur alur cerita yang non-chronological (tidak runut), sehingga sangat sulit diidentifikasi mana awal cerita, dan mana bagian akhirnya.

Meski terdengar “berat”, tapi Nolan telah sedari awal memberi clue bagi penonton, dan menegaskan bahwa film ini reverse plot (dibalik).

1. 2. Pesan Christopher Nolan Dalam Memento (2000)

Pesan yang coba disampaikan dalam film karya Christopher Nolan adalah ingatan manusia, memori, atau bahkan kesan, dapat memperdaya kita, dan tidak seharusnya dipercaya sepenuhnya.

Kamu juga akan menyadari kentalnya pesan dari Nolan yaitu balas dendam adalah sebuah kesia-sian, toh pada akhirnya Leonard tentu akan lupa kembali.

Bila kamu masih kesulitan untuk mencerna film Memento (2000), ada baiknya kamu simak video di bawah ini!


2. Inception (2010)

  • Durasi: 148 menit
  • Genre: Science Fiction
  • IMDB Rating: 8.4/10
  • Rotten Tomatoes: 93/100

Inception (2010) mengisahkan sekelompok manipulator (Extractor) yang mampu menginterupsi mimpi seseorang yang ditargetkannya, dengan masuk ke dalam mimpi itu sendiri dan menanamkan suatu ide (Inception).

Dalam mimpi seseorang, sebenarnya orang tersebutlah yang menciptakan apa yang dilihat dan dialaminya selama berada dalam mimpi. Tugas Extractor ialah mengambil alih bagian pembuatan tata ruang, layout dari mimpi tersebut.

Dari premisnya saja, kamu pasti sudah menyadari bahwa film ini sepenuhnya fiksi dan sangat kompleks.

Terlebih, sepanjang film kamu akan didorong untuk masuk ke dalam mimpi, yang di dalamnya ada mimpi yang lain, yang dibaliknya terdapat mimpi yang lebih dalam.

Jujur, menuliskan kalimat di atas saja sudah sangat rumit bagi kami. Tapi yang ingin kami sampaikan ialah, ide dapat menjadi kenyataan, bila berhasil ditanamkan pada mimpi di level ke 3.

Mimpi yang dibahas dari awal, ialah mimpi yang dimiliki oleh karakter Robert Fischer (Tom Berenger)seorang pewaris perusahaan energi terbesar di dunia.

Dimana, pesaingnya yakni Mr. Saito (Ken Watanabe), seorang pebisnis yang menyewa jasa sekelompok manipulator ide, yang dipunggawai oleh Cobb (Leonardo DiCaprio).

2. 1. Trivia – Inception (2010)

Disini, Nolan berhasil menyampaikan konsep Interconnected Dream Worlds, atau yang belakangan seringkali dikaitkan dalam kontek multi-universe.

Bedanya, Nolan konsep “membagi mimpi” yang digagasnya membagi konteks dunia nyata dengan dunia mimpi.

Beda hal dengan multi-universe ala film superhero belakangan ini, yang menetapkan bahwa multi-universe adalah dunia yang sesungguhnya, namun beda dimensi.

Secara konteks, konsep mimpi yang dibagikan Nolan dalam film ini, hampir menyerupai kenyataan, begitu ungkap Deirdre Barrett, salah satu peneliti mimpi di Harvard University.

Dirinya juga menambahkan, bahwa Nolan dengan tepat menggambarkan bagaimana struktur mimpi pada alam bawah sadar itu bekerja, yakni ilogical (tidak masuk akal), rambling (tidak teratur), dan disjoint (terurai – terpisah).

2. 2. Pesan Christopher Nolan Dalam Inception (2010)

Lantas, apa sebenarnya yang coba disampaikan oleh film Christopher Nolan yang satu ini? Bila kita memaknai lebih dalam film Christopher Nolan yang satu ini, kita dapat sadari bahwa mimpi adalah aset.

Seperi yang diinginkan oleh Mr. Saito yang mencoba menghancurkan mimpi lawan bisnisnya (Fischer). Maka mimpi dan ide, meski abstrak, dua hal ini adalah suatu hal yang berharga, dan harus dimaknai.

Selain itu, Nolan juga berhasil menyampaikan bahwa mimpi adalah suatu yang dapat dibangun, maka proses membentuk mimpi itu adalah nyata adanya.

Nah! Bila kamu masih kesulitan untuk mencerna film Inception (2010), ada baiknya kamu simak video di bawah ini!


Penutup

Demikianlah pembahasan kami terkait dua film yang kami anggap begitu jenius dan orisinil, yang jadi bagian dari film Christopher Nolan yang begitu mencengangkan.

Tentu bagi kamu yang belum mencicipi Christopher Nolan movie, kamu wajib tonton salah satu judul di atas ya! Selamat menonton!