Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia

Harga Mobil Listrik di Indonesia

Rekomendasi harga mobil listrik di Indonesia – Tahun 2020 tren mobil listrik semakin berekembang dengan diikuti dengan semakin banyaknya model elektrifitasi yang meluncur di tahun lalu.

Tercatat hingga hari ini, banyak merek yang sudah menjual mobil battery electric vechicles (BEV) di Indonesia yakni Lexus, Nissan, DFSK, dan Hyundai.

Ada juga merek lain seperti Toyota, yang baru memperkenalkan Innova EV Concept pada ajang IIMS 2022. Dan dalam waktu dekat, Toyota akan memasarkan bZ4x.

Meskipun pada tahun 2020 market otomotif terutama roda empat menurun karena dihantam gelombang pandemi Covid-19.

Namun, catatan paling menarik di balik penurunan angka penjualan mobil tahun 2020 tren mobil listrik semakin berkembang. Diikuti dengan semakin banyaknya model elektrifikasi yang meluncur tahun lalu.

Terdapat beberapa model mobil elektrifitasi yang dirangkum dan sudah dijual di Indonesia sepanjang tahun lalu.

Daftar mobil listrik di Indonesia:

1. Lexus UX300e

Rekomendasi pertama mobil listrik di Indonesia yang pertama ada Lexus UX300e. Mobil ini merupakan mobill full listrik pertama dari Lexus yang dijual di Indonesia.

Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menjual model Lexus UX 300e.

Mobil listrik ini menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh dengan tenaga maksimal  yang mencapai 201 HP serta torsi 300 Nm.

Untuk mengisi daya baterai, membutuhkan waktu antara 5 hingga 6 jam untuk mengisi baterai tersebut sampai full. Dan kemudian bisa kembali diajak berkendara hingga jarak 300 km, dengan sekali pengisian daya listrik.

Harga Rp 1,245 Lexus UX 300e miliar.

2. Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik di Indonesia selanjutnya ada Nissan Kicks e-Power yang mengungsung tekonlogi e-Power. Yang merupakan sebuah sistem elektrifikasi yanng berbeda dengan model lainnya.

Mobil ini memiliki sistem hybrid konvensional, roda-roda yang digerakan oleh motor listrik dan mesin bensin.

Namun, dalam sistem e-Power, mesin bensin tersebut tidak terhubung ke roda. Tetapi mesin bensin hanya berfungsi untuk mengisi baterai saja.

Tidak seperti mobil listrik pada umumnya, mode full listrik memiliki sumber tenaga Nissan Kicks e-Power.

Harga Nissan Kicks e-Power ini Rp 451 juta.

3. Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Elecctric meruppakan mobil listrik yang ada di Indonesia. Harga mobil ini masih dibawah 1 miliar rupiah.

Mobil SUV hadir dengan motor listrik magnet snchronous bertenaga 150 kw dan baterai lithium-ion 64 kWH. Tenaganya sebear 201 tk dan torsi maksimumnya 394 Nm.

Harga Hyundai Kona Electric ini Rp 697 juta.

4. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV memadukan mesin 2.4-I DOHC MIVEC berdaya 126 hp dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik 13,8 kWh dan motor di bagian depan dan belakang.

Untuk bagian motor penggerak bagian depan berdaya 80 hp dengan torsi 19 Nm, sedangkan untuk motor penggerak bagian belakang bertenaga 93 hp dengan torsi 19 Nm.

Mobil ini memiliki keunggulan berpenggerak empat roda ini bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga sampai 1.500 watt.

Harga Mitsubishi Outlander PHEV Rp 1.309 miliar.

5. Tesla Model 3

Mobil listrik satu ini cukup populer di Indonesia. Mobil Tesla mulai masuk Indonesia melalui Prestige Motorcars.

Di sektor mobil listrik, Tesla menghadirkan seluruh varian Tesla Model 3, termasuk facelift yang baru saja meluncur.

Tesla Model 3 ini ditawarkan dalam berbagai varian, yang pertama adalah Standard Range Plus yang dibekali satu motor listrik berkekuatan 241 dk penggerak ban roda belakang.

Untuk proses pengisian baterai sampai penuh, membutuhkan waktu 107 menit dengan menggunakan 2 tipe kabel.

Dengan Tesla Supercharger, mobil listrik ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam saja untuk sampai terisi 80 persen.

Tesla Model 3 varian Standard Range Plus bisa menempuh jarak sampai dengan 429 km untuk sekali pengisian.

Dengan Akselerasi 0-96 kpj, membutuhkan waktu hanya 5,3 detik dengan kecepatan maksimal 225 kpj.

Prestige Motorcars juga menawarkan varian Model 3 Long Range AWD dan Model 3 Performance.

Harga yang ditawarkan untuk Tesla Model 3 Facelift berkisar Rp 1,5 miliar, untuk tipe Long Range Rp 2,85 miliar dan untuk Perfomance Rp 3 miliar

6. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid berhasil memikat pasar Indonesia sepanjang tahun lalu. Mobil listrik satu ini terjual sebanyak 652 unit selama 2020.

Dahulu mobil satu ini dikenal dalam bentuk sedannya, namun sekarang berubah wujud menjadi SUV Crossover mesin berkode  2ZR-FXE 1.8L yang dkombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 ps dan torsi 162,7 Nm.

Harga Toyota Corolla Cross Hybrid Rp 510,5 Juta

7. BMW i3s

BMW i3s merupakan salah satu plopor hadirnya mobil listrik di Indonesia. Mobil ini sudah mulai memperkenalkan versi sport i3s pada tahun 2019.

BMW i3s sudah dikenal sebagai kendaraan city car yang ramah lingkkungan dengan tenaga yang mumpuni.

Memiliki sistem penggerak yang mengandalakan motor listrik mampu menghasilkan daya hingga 184 Hp dengan torsi 270 Nm.

Harga yang ditawarkan untuk BMW i3s Rp 1.319 Miliyar.